Nyatanya Ceker Ayam Juga Punya Gizi Tinggi

 

 

 

 

Conversionresults.com – Ada berita gembira untuk para pecinta ceker ayam. Walaupun lezat dan memberikan sensasi yang berbeda ketika dikonsumsi, kalian mungkin pernah menilai ceker ayam ini tidak mempunyai manfaat kesehatan bagi tubuh. Ternyata penilaian tersebut adalah salah.

Ketua Bidang Riset Ikatan Sarjana Gizi Indonesia (ISAGI), Dudung Angkasa, S.Gz M.Gz, mengatakan ceker ayam mempunyai nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan protein yang terdapat pada ceker ayam tidak kalah dengan bagian tubuh ayam lainnya.

“Tapi mengonsumsinya harus kontinu, dan kecenderungan orang makan ceker itu kan dalam jumlah banyak. Itu baik untuk tubuh,” ungkap Dudung, Kamis (8/2/2018).

Dudung juga mengatakan bila hendak memenuhi prtein yang dbutuhkan oleh tubuh, kalian dapat mengkonsumsi ceker ayam dua kali sehari.

“Tubuh kita memerlukan pertumbuhan dan regenerasi sel. Ceker ayam dapat membantu memenuhi kebutuhan tersebut,” jelasnya.

Dia juga menceritakan sebuah kisah tentang kampung yang mengalami gizi buruk. Peristiwa ini terjadi kurang lebih tahun 1980-an dimana salah satu kampung di kawasan Jawa Barat menderita gizi buruk lantaran mengalami kesulitan nahan makanan.

Disamping itu, pada kampung yang berbeda dengan masalah yang sama tetapi keadaan yang berbeda. Walaupun mengalami kekurangan bahan makanan, mereka dapat hidup dengan status kekurangan gizi atau lebih baik dibandingkan kampung sebelumnya. “Setelah ditinjau, ternyata kampung yang gizi masyarakatnya lebih baik ini mengonsumsi ceker ayam,” kata Dudung.

Dari kisah tersebut, Dudung hendak mengatakan bahwa tidak seluruh masalah kurang gizi harus dipenuhi dengan menunggu bantuan makanan dari luar.

“Dengan memanfaatkan kearifan lokal yang ada, malah bisa mempertahankan atau justru meningkatkan status gizi dalam jangka panjang,” imbuhnya.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *