Jangan Malas Mencopot Lensa Kontak Saat Tidur

 

 

 

Conversionresults.com – Bila kalian kerap ketiduran sebelum mencopot lensa kontak atau merasa malas untuk mencopotnya sebelum tidur dapat menyebabkan risiko yang membahayakan. Kalian tidak hanya akan mengalami infeksi mata tetapi juga dapat menimbulkan masalah yang lain.

Lensa kontak dapat meyebabkan iritasi pada mata terlebih pada kornea mata. Walaupun sejumlah lensa kontak diperbolehkan untuk dikenakan ketika tidur malam tetapi hal tersebut sebaiknya untuk dihindari. Hal tersebut lantaran mata juga memerlukan istirahat.

Peneliti CDC mengemukakan enam dari tujuh pengguna lensa kontak membuat laporan setidaknya satu tindakan yang memiliki risiko mengenai lensa.

Tidak hanya tidur mengenakan lensa kontak, kebiasaan seperti berenang dan tidak mengganti lensa kontak secara rutin juga menimbulkan risiko buruk. Lensa kontak yang terlalu sering dikenakan dan tidak diganti yang baru dapat menyebabkan masalah kesehatan pada mata, seperti dilansir dari Cleveland Clinic, Senin (29/1/2018).

Supaya mengurangi risiko mengalami infeksi mata, harus cuci tangan menggunakan sabun dan air sebelum memegang lensa kontak. Bila kalian enggan membersihkan kontak lensa kalian dapat menggunakan larutan lensa kontak. Gosokkan lensa kontak dengan perlahan supaya bakteri dan kotoran hilang.

Untuk mengurangi adanya bakteri yang menempel pada lensa kontak sebaiknya mengganti lensa kontak setiap tiga atau empat bulan sekali. Simpanlah lensa kontak di dalam larutan segar dab kotak yang bersih setiap hari.

Kalian perlu mengetahui tanda infeksi yang terjadi ketika pemakaian lensa kontak. Tanda infeksi diantaranya berkurangnya penglihatan dan mata menjadi merah. Bila dengan dilepas lensa kontaknya tidak membantu mengurangi iritasi, maka sebaiknya periksakan pada dokter mata.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *