Berbahayakah Air Mineral Kemasan Mengandung Flour?

 

 

 

 

Conversionresults.com – Air mineral memiliki kandungan zat yang dinamakan flour atau flouride yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan warganet di media sosial. Hal tersebut lantaran zat kimia tersebut terdapat pada air mineral kemasan yang diperjualbelikan di pasaran dan hampir seluruh masyarakat Tanah Air mengkonsumsinya.

Masalah tersebut sempat menjadi perdebatan karena banyak media yang menyebutkan bahwa air mineral yang memiliki kandungan flour maka tidak layak untuk dikonsumsi.

Walaupun demikian, berbahayakah kandungan flour yang terdapat pada air mineral bagi tubuh manusia? Badan POM (Pengawas Obat dan Makanan) menjelaskan mengenai masalah tersebut dalam situs website resminya.

Badan POM menyebutkan bahwa flour adalah zat kimia yang bermanfaat bagi tubuh manusia dan sudah diatur pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 75 tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan bagi Bangsa Indonesia.

Tidak hanya itu, Badan POM juga menerangkan bahwa kandungan flur yang terdapat pada air mineral kemasan diatur dalam SNI 01-3553-2006 tentang air minum dalam kemasan, dan dalam menerapkannya juga bersifat wajib sesuai Peraturan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 96/M-IND/PER/12/2011.

Badan POM sudah menetapkan kelayakan air mineral yang mempunyai kandungan flour di dalamnya. Flour pada batas tertentu memiliki manfaat untuk tubuh, zat kimia yang ada di alam bebas akan menghambat adanya karang pada gigi. Tidak hanya itu, pada level tertentu flour juga memiliki manfaat bagi tulang.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *