Jangan Menaruh Air Kemasan Di Dalam Mobil

 

Conversionresults.com – Terkadang kita lupa untuk membawa air minum yang berada didalam mobil sehingga tersimpan lama didalam mobil. Air ini ternyata dapat beresiko bagi kesehatan kita, meskipun air tersebut terlihat seperti air pada umunya tetapi terdapat senyawa kimia didalamnya.

Penelitian yang dilakukan University of Florida dengan mengamati 16 merk air minum dalam kemasan yang berada dalam mobil dan terkena sinar matahari. Para peneliti menemukan bisphenol A terkandung didalam air tersebut, kandungan bisphenol A ini merupakan senyawa kimia yang menempel pada botol plastik.

Senyawa ini akan menjadi berbahaya ketika sudah hampir satu bulan. Dengan berada didalam mobil yang kemudian terpapar sinar matahari akan memicu berkembangnya senyawa tersebut. Senyawa tersebut dapat bertambah ketika pada suhu 60 derajat celcius.

“Suhu itu biasanya didapatkan jika mobil Anda diparkir di bawah sinar matahari,” kata pemimpin studi Lena Ma.

Pada umumnya kemasan air minum ini menggunakan botol plastik yang terbuat dari bahan polyethylene terephthalate, bahan ini memang sudah banyak digunakan sebagai botol kemasan baik makanan maupun minuman. Bahan ini memang ringan dan ati pecah namun apabila terkena sinar matahari atau panas dapat melepaskan senyawa kimia yang berbahaya.

“Jika Anda menyimpan air cukup lama sebaiknya gunakan untuk menyiram tanaman,” kata Lena.

Leave a Comment

(0 Comments)

Your email address will not be published. Required fields are marked *